Kita sebagai orang tua tentu ingin anak kita bisa mendapatkan pendidikan yang terbaik, agar kelak anak kita dapat berprestasi dan berhasil mewujudkan cita-citanya. Maka dari itulah kita berusaha untuk menyekolahkan anak kita di sekolah-sekolah unggulan dan terbaik, bahkan hingga sekolah-sekolah Internasional walaupun dengan biaya sekolah yang mahalnya selangit.

Namun apakah sekolah-sekolah unggulan berbiaya tinggi tersebut dapat menjamin bahwa anak kita pasti akan sukses berhasil dan berprestasi dalam pendidikan?

Jawabannya adalah belum tentu.

Ada sebuah kisah nyata yang membuat saya berpikir bahwa pendidikan terbaik bagi sang anak bukanlah dari sekolah, melainkan dari orang tua anak itu sendiri. Ada seorang anak yang bersekolah di sebuah sekolah biasa yang berada di desa yang cukup jauh dari ibukota kabupaten dan propinsi. Setelah lulus SD, anak tersebut melanjutkan ke SMP negeri biasa yang memiliki fasilitas yang sangat minim. Namun, ternyata anak itu mampu menjuarai olimpiade matematika sekabupaten dan masuk lima besar sepropinsi, mengalahkan anak-anak yang bersekolah di sekolah-sekolah swasta mahal dan berfasilitas lengkap.

Bagaimana hal itu dapat terjadi? Semua itu tidak terlepas dari peran orang tuanya, orang tuanya hanyalah pegawai biasa namun sang ibu dengan cinta dan dukungan kepada anaknya terus mendidik anaknya untuk menjadi seorang anak yang hebat. Ibunya terus menemani anaknya ketika belajar, mengantarnya ke tempat les matematika, berusaha mengajari anaknya ketika mengerjakan PR, dan memberi dukungan penuh ketika anaknya mengikuti lomba. Sehingga sang anak termotivasi untuk menjadi anak yang berhasil dan berprestasi.

Peran orang tua sangatlah penting bagi sang anak. Jangan karena kita telah menyekolahkan anak kita di sekolah yang mahal dan berfasilitas lengkap, lantas kita tidak perlu lagi ambil bagian dalam mendidik anak. Karena justru peran kita sebagai orang tua dalam mendidik anak jauh lebih besar daripada guru-guru di sekolah. Sekalipun kita orang tua yang penuh kesibukan, kita harus tetap mempunyai waktu untuk anak kita, untuk membimbing mereka menjadi seorang anak yang luar biasa. Keberhasilan seorang anak tidak akan pernah lepas dari peran orang tuanya, jadilah orang tua yang luar biasa agar kelak anak kitapun menjadi seseorang yang luar biasa!